Nov 17, 2024, 1:12 AM by Dian Maulana

Dear,

Saat ini per tanggal 16 November 2024 (tercatat pukul 08.04) node idvm1 yang beroperasi untuk melayani VPS NVMe Indonesia sedang mengalami downtime, kami masih mencari tahu penyebabnya, dan tim akan segera melakukan pengecekan langsung ke data center terkait ini. Informasi updated dan lain sebagainya akan kami tampilkan di halaman ini :

08.34 WIB (16 November 2024) : Saat ini tim dari PT Ragam Gagas Berkarya menuju ke Data Center Area 31 untuk melakukan pengecekan

10.25 WIB (16 November 2024) : Tim telah sampai di Data Center Area31 untuk melakukan pengecekan server fisik secara langsung

12.00 WIB (16 November 2024) : Saat ini tim mendapati ada unauthorized access ke idrac server kami, dan kami sedang dalam pengecekan log terkait hal ini dan serta action apa yang harus dilakukan selanjutnya

20.00 WIB (16 November 2024) : Setelah kurang lebih 8 jam melakukan pemeriksaan log dan percobaan recovery data, dengan berat hati kami informasikan bahwa seluruh layanan yang ada di idvm1 mengalami kondisi yang tidak dapat direcovery secara keseluruhan, kami melakukan pengecekan data backup terakhir, backup internal yang kami lakukan pada disk yang sama juga diformat oleh sang peretas yang melakukan unauthorized access

20.15 WIB (16 November 2024) : Kami dengan berat hati memutuskan stop opsi recovery dikarenakan beberapa cara sudah kami coba untuk melakukan pemulihan data dari pukul 12.00 WIB

20.25 WIB (16 November 2024) : Tim mulai melakukan recreated VPS atau VM yang ada pada server tsb dengan IP Address yang sama dan user dan password root ketika aktivasi layanan

21.00 WIB (16 November 2024) : Proses recreated VPS telah selesai, user dapat melakukan restore data kembali terhadap layanan VPSnya (self backup)

Kronologi : Pada tanggal 16 November 2024 (estimasi pukul 07.00 WIB ada yang melakukan unauthorized access ke idrac server kami), user melakukan reinstall terhadap bare metal / dedicated server yang kami gunakan untuk melayani layanan VPS NVMe Indonesia (idvm1), tercatat pukul 07.30, informasi downtime pada uptime report kami, kami melakukan akses untuk memastikan layanan, akses idrac sudah tidak bisa, pukul 08.30 kami memutuskan untuk melakukan pengecekan langsung ke Data Center untuk memastikan, kami mendapati server kami telah terinstall ulang dengan os yang lain, kami melakukan safe mode dan melakukan reset password terhadap installasi tsb, memastikan apakah partisi masih ada atau tidak, estimasi pukul 19.00 WIB, setelah melakukan pengecekan, kami mendapati seluruh partisi telah diformat serta tidak dapat direcovery kembali.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Sampai saat ini kami masih menyelidiki hal ini mengapa dapat terjadi, idrac kami harusnya hanya dapat diakses dengan orang atau user yang berkepentingan, namun kami mendapati ada tindakan brute force pada log per tanggal 16 November 2024.

Apakah tidak ada backup pada layanan VPS ? Perlu kami informasikan, untuk layanan VPS sebagaimana tercantum dalam Term of Services (TOS), backup merupakan tanggung jawab user masing - masing, namun bukan bearti kami tidak bertanggung jawab, kami sendiri melakukan self backup pada disk yang berbeda setiap minggunya, namun masih pada mesin atau metal yang sama, sehingga kami mendapati partisi tersebut juga telah diformat.

Bagaimana hal ini kedepan tidak terjadi lagi ? Kami sadar, hal ini bukanlah hal yang kami inginkan dan Anda inginkan, kami memohon maaf atas musibah yang terjadi terhadap layanan Anda, kedepannya kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan backup rutin terhadap layanan VPS Anda, kedepannya juga dalam 7 hari (estimasi) kedepan kami akan menyediakan fitur snapshot backup yang berada di mesin yang berbeda untuk mencegah hal ini, selain itu kami sudah mendisabled akses idrac, sehingga kedepan hanya on-site remote opsi yang kami dapat lakukan.

Apakah ada kompensasi dari pihak PT Ragam Gagas Berkarya ? Kami sadar ini merupakan sebuah musibah, downtime yang terhitung cukup lama dari pagi mungkin tidak termaafkan, ditambah dengan data yang tidak bisa kami recovery juga tidak dapat Anda maafkan, kami sangat mengerti tentang hal ini, maka dari itu, sebagai permintaan maaf kami, kami memberikan tambahan masa aktif sebesar 50% dari masa berlangganan VPS atau VM Anda, misal sisa masa aktif VPS Anda 30 hari lagi, kami akan memberikan tambahan 15 hari lagi terhadap masa aktif VPS Anda, hal tersebut yang dapat kami lakukan sebagai permintaan maaf dari kami, untuk kompensasinya akan mulai kami berikan di tanggal 18 November 2024.

Sebesar - besarnya kami meminta maaf terhadap hal yang terjadi, kami memahami kekecewaan Anda, dan kami minta maaf atas ketidaknyamanannya.

Terima kasih.

Top